Tips Peregangan leher yang tepat untuk pemanasan olah raga




Leher kaku umumnya disebabkan oleh suasana lazim layaknya otot tegang atau keseleo. Meski pemicunya sederhana, nyeri yang terlihat akibat leher kaku sangat mengganggu. Kondisi ini apalagi bisa diperparah bersama dengan munculnya sensasi terbakar. Untungnya, ada sebagian gerakan peregangan simple yang memadai efektif untuk menanggulangi leher kaku.

Gerakan peregangan untuk melenturkan leher



Sebagian besar gerakan peregangan barangkali merasa sukar terhadap awalnya. Hal ini sangat wajar, mengingat otot leher belum memadai lentur untuk melakukan peregangan tanpa merasakan nyeri.



Seiring waktu, Anda bakal jadi miliki kebiasaan dan mulai nyaman agar sanggup meningkatkan durasi gerakan. Berikut lebih dari satu gerakan yang disarankan:

1. Mendongakkan dan menundukkan kepala

Sumber: Verywell Well being



Ini adalah gerakan paling dasar untuk menangani leher kaku.



Anda bisa melakukannya sambil duduk maupun berdiri. Awali bersama posisi tegak sambil menghadap ke depan, selanjutnya ikuti beberapa langkah berikut:



    Turunkan dagu Anda ke arah dada dan tahan sepanjang 15-30 detik. Jaga sehingga otot-otot Anda selamanya rileks, lalu angkat kepala Anda perlahan.

    Naikkan dagu Anda ke atas sehingga anggota dasar kepala Anda terbawa ke belakang. Tahan sepanjang 10 detik, lantas kembalilah ke posisi semula.

    Ulangi ke dua gerakan berikut lebih dari satu kali. Lakukan dengan teratur setiap hari.



2. Memiringkan kepala

Sumber: Verywell Health



Gerakan peregangan ini dapat melenturkan otot leher secara efektif sehingga ampuh untuk menangani leher yang kaku.



Untuk melakukannya, berdirilah dengan ke-2 kaki terhubung selebar bahu dan lengan berada pada sisi tubuh Anda. Kemudian, mengikuti cara berikut:



    Miringkan kepala Anda ke kanan seolah menginginkan menyentuh bahu dengan telinga. Berhentilah saat Anda merasakan otot leher meregang.

    Tahan selama 5-10 detik, selanjutnya kembalilah ke posisi awal.

    Ulangi gerakan yang sama ke arah kiri. Lakukan sampai 10 kali pengulangan.

    Untuk menaikkan kelenturan leher, Anda termasuk mampu tempatkan telapak tangan di atas kepala yang miring. Tekan secara perlahan bersama dengan jari-jari Anda, dan berhentilah terkecuali leher jadi mulai nyeri.



3. Memutar bahu

Sumber: Medical News Right now



Peregangan yang satu ini lebih fokus untuk melatih otot bahu. Akan tetapi, fungsinya tetap untuk melenturkan otot leher yang kaku.



Seluruh gerakan sebaiknya dikerjakan sambil berdiri agar lebih efektif. Awali dengan berdiri tegak, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut:



    Angkat ke-2 bahu Anda, lantas putar ke depan sebanyak 6 kali.

    Kembalilah ke posisi semula, lantas putar lagi bahu Anda ke belakang sebanyak 6 kali.



4. Tangan di belakang punggung

Sumber: Self



Meletakkan tangan di belakang punggung tidak cuma dapat melenturkan otot leher, tapi termasuk daerah otot di bawahnya.



Gerakan peregangan ini juga mudah, bisa dijalankan di mana saja, dan bermanfaat untuk menanggulangi leher kaku terhadap beragam kategori usia.



Pertama-tama, berdirilah tegak bersama dengan kedua kaki selebar bahu dan tangan berada di samping badan. Setelah itu, lenturkan otot punggung Anda dengan langkah berikut:



    Ulurkan ke-2 tangan ke belakang punggung, lantas genggam pergelangan tangan kiri bersama tangan kanan Anda.

    Gunakan tangan kanan Anda untuk menarik dan meluruskan kedua tangan. Tarik sedikit demi sedikit hingga otot leher dan punggung mulai meregang.

    Untuk menambah kelenturan leher, arahkan telinga Anda ke bahu kanan. Tahan sepanjang 30 detik, lantas ulangilah terhadap sisi kiri.



5. Grounded tipover tuck

Sumber: Self



Anda sanggup pakai gerakan ini untuk menangani leher kaku, meredakan sakit kepala, dan mengurangi rasa kantuk.



Namun, Anda mungkin wajib sedia kan area ekstra karena gerakan ini mesti dijalankan sambil berharap pada lutut.



Berikut langkah melakukannya:



    Awali bersama dengan posisi berlutut, lalu menempatkan puncak kepala Anda di lantai agar wajah Anda menghadap paha. Dengan begitu, badan Anda kini Bersandar pada lutut dan puncak kepala.

    Tahan sepanjang lebih dari satu tarikan napas sampai dada dan paha Anda merasa rileks. Pada waktu yang sama, biarkan punggung lurus dan menjadi meregang.

    Angkat dan luruskan kedua tangan Anda ke atas, lalu kaitkan jari-jarinya. Anda terhitung bisa saling menghimpit bagian bawah ke dua telapak tangan untuk tingkatkan kelenturan. Tahan sepanjang 10 detik.

    Turunkan pinggang Anda dan tahan selama 10 detik. Kemudian, angkat ulang pinggang Anda. Lakukan gerakan ini minimum sebanyak 5 kali.

    Setelah itu, turunkan tangan Anda dan rubah posisi kepala supaya Anda tidak kembali Bersandar pada puncaknya. Biarkan tubuh Anda rileks, selanjutnya duduklah lagi bersama dengan tegak.



Ada banyak ragam gerakan peregangan yang mampu dikerjakan untuk menanggulangi leher kaku.



Anda dapat mencoba semuanya selama tidak tersedia suasana medis yang mengakibatkan Anda kudu hindari gerakan khusus terhadap tempat ini.



Saat jalankan gerakan peregangan, ingatlah untuk selalu tahu keperluan dan batasan pada tubuh Anda.



Hal berikut punya tujuan untuk mengoptimalkan gerakan peregangan yang Anda melakukan dan meminimalisasi dampak sampingnya.

Baca Juga :
Jual Rak Buku Anak
Rak Buku Anak TK
Terbaru Lebih lama

Related Posts